Ke Pusat Data & Informasi PERSI

Home
Profil
Fasilitas
Pelayanan
Tenaga SDM
Prestasi

 

 

 

 

 

 
SEKILAS RSUD Dr. SOEBANDI - JEMBER
 
SEJARAH PERKEMBANGAN

Informasi sejarah secara pasti yang menyatakan berdirinya RSUD Dr. Soebandi tidak banyak diketahui, hanya rumah sakit dahulu sebelum tahun 1963 berada di Jalan Nusa Indah yang sekarang menjadi Rumah sakit Paru. Dipindahnya rumah sakit kelokasi yang baru yaitu di Jalan Dr. Soebandi Nomor 124 adalah disediakannya lahan tanah dan bangunan yang cukup untuk pengembangan rumah sakit selanjutnya. Luas tanah RSUD Dr. Soebandi Jember seluruhnya 43.722.00 m2, sedang luas gedung / bangunan hanya menempati sepertiga lahan tersebut yaitu :
14. 776,67 m2.

RSUD Dr. Soebandi Kabupaten Jember merupakan rumah sakit kelas B Non Pendidikan yang ditetapkan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 1162/Menkes/SK/IX/1992. RSUD ini adalah Unit Pelaksana Teknis Kabupaten sehingga merupakan milik Pemerintah Kabupaten Jember. Sejak tahun 1998 Rumah Sakit ini telah menjadi Rumah Sakit Swadana Daerah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 445.35 – 1140 tahun 1998.

RSUD Dr. Soebandi ditetapkan menjadi rumah sakit pusat rujukan untuk wilayah bagian timur Propinsi Jawa Timur meliputi empat Kabupaten sekitar Jember yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dengan cakupan seluruh penduduknya sekitar 8 juta jiwa. Sebagai rumah sakit rujukan dengan letak RSUD Dr. Soebandi yang berada di tengah kota Jember cukup strategis karena berada pada titik sentral dari 4 (empat) Kabupaten diatas.

Dengan demikian peranan rumah sakit ini cukuplah penting, karena lokasinya yang cukup jauh 200 km dari rumah sakit pusat rujukan Propinsi Jawa Timur yaitu RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Di kawasan timur daerah Jawa Timur merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana alam misalnya : banjir, gelombang Tsunami, gunung berapi, serta jalur transportasi darat yang padat antara Surabaya dan Bali.

Peningkatan status menjadi rumah sakit kelas B Pendidikan sudah sangat mendesak karena pada saat ini Universitas Jember telah mendirikan Program Studi Pendidikan Dokter. Adanya ikatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jember dengan Universitas Jember, bahwa RSUD Dr. Soebandi akan dijadikan rumah sakit pendidikan utama dan membangun jaringan dengan rumah sakit sekitar Kabupaten Jember sebagai rumah sakit pendukung, rencana kunjungan visitasi oleh DEPKES RI direncanakan pada akhir bulan Juni 2002. Sejak tahun 1992 RSUD Dr. Soebandi telah digunakan sebagai lahan praktek pendidikan dokter mudah dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya hingga sekarang ini.
  

MISI
  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan bermutu sesuai standar pelayanan rumah sakit.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta penelitian kesehatan.
  • Menyelenggarakan manajemen Rumah Sakit yang mandiri secara efektif dan efisien.
  • Memberikan pelayanan kesehatan kepada segenap masyarakat secara menyeluruh dan bermutu.
  • Memberikan pelayanan rujukan kesehatan bagi rumah sakit dengan perlatan canggih di sekitar wilayah eks Karesidenan Besuki.
VISI

Menjadi Rumah Sakit unggulan di wilayah Jawa Timur bagian timur, yang mandiri, mengikuti kemajuan IPTEK kesehatan, menyelenggarakn Diklit kesehatan, serta mampu melayani segenap lapisan Rumah Sakit lain secara berdaya guna dan berhasil guna.
 

FILOSOFI

Penyelenggaraan RSUD Dr. Soebandi Jember berazaskan Pancasila dan UUD 1945, mengutamakan peri kemanusiaan yang berdasarakan Ketuhanan yang Maha Esa, manfaat, usaha bersama dan kekeluargaan, adil dan merata, Peri kehidupan dalam keseimbangan serta kepercayaan akan kemampuan dan kekuatan sendiri dimana kepentingan masyarakat lebih diutamakan daripada kepentingan individu.
 

BUDAYA KERJA
Senyum, ramah, sopan, adalah budaya pelayanan kami.
 
MOTTO
Pelayanan cepat, tepat, bermutu, ramah dan manusiawi.
 

  RSUD. Dr. SOEBANDI
Jl. Dr. Soebandi No. 124 Jember – Jawa Timur
Telp. : (0331) 487564 - Fax. : (0331) 487564
Email : soebandi@pdpersi.co.id    Website : www.pdpersi.co.id/soebandi